Peletakan Batu Pertama Pembangunan Monumen Pesawat Nomad TNI-AL oleh Panglima Koarmada I di Telaga Wahyu

Sahabat Prokopim,
Telaga Wahyu merupakan salah satu destinasi wisata yang dikelola oleh Pemerintah Daerah yang mempunyai potensi luar biasa, sehingga apabila dikembangkan dengan baik dapat menjadi destinasi wisata premium sekaligus sebagai wisata alternatif selain Telaga Sarangan.
.
Bertempat di Telaga Wahyu Kec. Plaosan Kab. Magetan pagi tadi, Jumat (18/10) telah dilaksanakan kegiatan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Monumen Pesawat Nomad TNI-AL oleh Laksamana Muda TNI Dr. Yoos Suryono Hadi, M.Tr.(Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP, Panglima Koarmada 1 dan sekaligus sebagai Ketua IKMA.
.
Kegiatan ini dilaksanakan sehubungan dengan Kabupaten Magetan memiliki sejarah yang erat dengan Angkatan Laut karena pada tahun 1947 hingga 1948 pernah dilaksanakan pelatihan Special Operation bertempat di Telaga Sarangan.
.
Pelatihan ini penting sekali bagi Republik Indonesia dalam melawan blokade laut oleh Belanda dan adapun yang terlibat dalam pelatihan ini akhirnya menjadi tokoh besar Angkatan Laut diantaranya Laksamana R.E. Martadinata, Laksamana Muda Yos Sudarso, dan Laksamana Sudomo.
.
Pj Bupati Magetan Nizhamul dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas dukungan dari TNI AL untuk pengembangan wisata edukasi maritim di Magetan.

” Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada TNI Angkatan Laut khususnya kepada Kepala Staf Angkatan Laut dan Panglima Komando Armada I yang telah mendukung pengembangan Telaga Wahyu sebagai Wisata Edukasi Maritim. Sehingga keberadaan pesawat Nomad, kapal sekoci dan rusa totol ini tentunya dapat menjadi daya tarik wisata tersendiri yang akan semakin mengundang wisatawan ke Telaga Wahyu, ” ungkapnya.
.
Sementara Panglima Komando Armada I TNI Angkatan Laut sekaligus Ketua IKMA, Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr.(Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP, berharap monumen pesawat ini menjadi pengingat sejarah bagi generasi muda.

” Semoga dengan dibangunnya Monumen Pesawat dari TNI-AL di Telaga Wahyu dapat menjadi pengingat sejarah bagi generasi muda tentang perjuangan para pendahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu juga dapat mendongkrak pariwisata di Kabupaten Magetan khususnya dalam mempromosikan Telaga Wahyu,” harapnya.
.
Seperti diketahui TNI AL telah memberikan hibah dua unit Pesawat Udara Nomad serta 1 unit Kapal Sekoci eks KRI Tanjung Nusanive kepada Pemkab Magetan yang sebelumnya juga Seskolah Staf dan Komando TNI AL (Seskoal) juga telah menyumbangkan 3 (tiga) ekor rusa totol yang saat ini ditempatkan di Telaga Wahyu.
.
Peletakan batu pertama pembangunan monumen pesawat Nomad TNI-AL dilakukan secara simbolis oleh Panglima Koarmada I didampingi Pj Bupati Magetan Nizhamul dan Forkopimda Magetan.
.
Acara tersebut dihadiri oleh Panglima Koarmada I beserta jajarannya, Pj Bupati Magetan, Forkopimda Magetan, Perwakilan IKMA, dan OPD terkait.

(Prokopim/edh/be/ahm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *