Napak Tilas Ngupatan : Kenang Sejarah Pemerintahan Kabupaten Magetan

Sahabat Prokopim,
Penjabat Bupati Magetan, Nizhamul, S.E., M.M. didampingi jajaran Forkopimda Magetan resmi memberangkatkan peserta Napak Tilas Ngupatan (Ngunut – Parang – Magetan) Tahun 2024, Sabtu (19/10/2024).

Napak Tilas Ngupatan merupakan event tahunan yang digelar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Magetan sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Magetan. Dimana mana pada tahun ini Kabupaten Magetan telah memasuki usia yang ke-349 tahun.

Meskipun cuaca cukup panas, namun tak menyurutkan antusiasme para peserta yang terdiri dari unsur Forkopimda, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), masyarakat umum, pelajar, pegawai dan peserta lainnya untuk berjalan kaki menapaki jalan sepanjang kurang lebih 18 kilometer hingga finish.

Pj Bupati Magetan, Nizhamul yang ditemui usai memberangkatkan peserta napak tilas dari Rumah Sejarah Magetan di Desa Ngunut Kec. Parang, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momentum penting untuk mengenang dan mengingat kembali sejarah Pemerintahan Kabupaten Magetan pada tahun 1948 sampai dengan tahun 1951.

“Napak Tilas ini mengigatkan kita akan tonggak sejarah panjang Magetan dalam mempertahankan kemerdekaannya. Yang dimulai pada tahun 1948 hingga 1951. Dimana Pemerintahan yang sebelumnya berpusat di kota sempat di pindakan ke sini (Desa Ngunut Kecamatan Parang),” ujar Nizhamul

Sementara itu, di tempat yang sama Pj Bupati Magetan beserta Forkopimda membagikan sembako secara simbolis kepada warga penerima manfaat, yang selanjutnya juga diserahkan di empat titik lainnya, antara lain, Koramil Parang, Desa Joketro, Kecamatan Ngariboyo, dan Kelurahan Bulukerto.
(Prokopim/allcrew)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *