GELARAN APEL AKBAR HARI SANTRI NASIONAL 2024

Sahabat Prokopim,
Tepat pada hari ini, Selasa 22 Oktober 2024 secara rutin sejak ditetapkan pertama kali pada tahun 2015 oleh Presiden Indonesia, peringatan hari santri membawa pesan tersendiri terhadap peranan santri terhadap kemerdekaan Indonesia.

Lahirnya hari santri yang jatuh pada 22 Oktober tak lepas dari sejarah peran serta santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia yaitu pada 22 Oktober 1945 melalui resolusi jihad yang digaungkan oleh KH Hasyim Asy’ari dalam melawan penjajah.

Pun dalam perjalanannya, tahun ini peringatan hari santri nasional mengambil tema ‘Menyambut Juang Merengkuh Masa Depan’ yang bermakna santri memiliki tugas meneruskan perjuangan pendahulu dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua DPRD Magetan selaku Pembina apel besar hari santri nasional di Alun-alun Magetan pada hari ini, Kamis (22/10) saat membacakan sambutan dari Menteri Agama.

“Hari santri bukan milik santri atau pondok pesantren semata, hari santri milik semua elemen masyarakat serta seluruh komponen bangsa yang mencintai negaranya,” ungkapnya.

Dalam gelaran peringatan hari santri ini juga diserahkan secara simbolis penyerahan Jamsostek kepada marbot dan pengurus masjid di Magetan serta juga hiburan penampilan kreativitas dari santri ponpes dan madrasah di Magetan.

Hadir juga dalam giat kali ini Pj Sekdakab Magetan bersama jajaran Forkopimda Magetan, tokoh agama dan OPD terkait lainnya.
(Prokopim/lio/be/ahm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *