ANTISIPASI COVID-19, BUPATI SUPRAWOTO GELAR KONFERENSI PERS

 

Corona virus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).
.
Merebaknya virus Covid-19 (Corona) menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Apalagi salah satu korban meninggal adalah warga Magetan yang berdomisili di Solo.
.
Menyikapi kondisi tersebut, Bupati Suprawoto segera bertindak cepat. Didampingi segenap anggota FORKOPIMDA, Bupati Suprawoto memberikan penjelasan terkait virus Corona agar tidak timbul kegaduhan di masyarakat. Penjelasan tersebut disampaikan dalam konferensi pers di ruang Jamuan, Sabtu (14/3/2020).
.
Bupati Suprawoto menjelaskan bahwa Pemkab Magetan melalui OPD terkait telah mengambil langkah antara lain melakukan penelusuran terhadap pihak-pihak yang berinteraksi dengan korban. Keluarga korban telah dilakukan pemeriksaan awal, ada 7 orang yang melakukan kontak dengan korban. Istri korban sudah dirujuk ke rumah sakit pemerintah, karena ada keluhan batuk pilek. Sedangkan anggota keluarga yang lain diisolasi di rumah kediaman dan dalam pengawasan petugas kesehatan hingga 14 hari ke depan. Jika muncul gejala, akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
.
Sedangkan Pemkab belum menetapkan status KLB, karena status KLB ada prasyarat tersendiri. Hanya saja seluruh pihak harus meningkatkan kewaspadaan. Jelang musim liburan, Bupati juga menyarankan bagi sekolah-sekolah untuk tidak melakukan wisata ke daerah rawan. Demikian juga dengan pusat keramaian seperti pasar dan terminal, Bupati Suprawoto memerintahkan langsung kepala OPD terkait untuk menyediakan fasilitas cuci tangan. Dari sisi kesiapan medis, Pemkab Magetan siap memberikan layanan kesehatan dari segala lini, mulai puskesmas, RSUD maupun rujukan ke layanan kesehatan lanjutan. Pemkab juga siaga dengan layanan call center : (0351) 895023, Whatsapp (WA) : 081133352898.
.
Bupati juga berpesan kepada masyarakat untuk lebih bijak menyikapi berbagai informasi yang ada di berbagai media. Identifikasi portal-portal informasi, apakah terpercaya atau tidak. Telaah informasi yang kita terima. Virus Corona bisa dicegah dengan hidup sehat, jaga kesehatan dan jika sakit jangan keluar rumah. Dan salah satu penangkal terhadap virus adalah imunitas (kekebalan tubuh). Berbagai cara dapat dilakukan menjaga imunitas antara lain dengan mengkonsumsi makanan bergizi, cukup istirahat, dan olahraga secara teratur. (Humasprotokol/dj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *