Khotmil Qur’an Kubro 2020 Kali dan Nuzulul Qur’an Online Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Tak terasa kita sudah memasuki hari ke-16 pelaksanaan puasa bulan Ramadhan tahun 2020. Meski di tengah situasi pandemi covid-19, bukan menjadikan halangan untuk tetap menjalankan kewajiban sebagai umat Islam.
.
Bertepatan dengan malam 17 Ramadhan (9/5), Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar Khotmil Qur’an Kubro 2020 Kali dan Nuzulul Qur’an secara online dari Gedung Negara Grahadi. Diikuti oleh Gubernur Jawa Timur beserta jajaran Forkopimda Jawa Timur dengan seluruh Bupati & Walikota dan Forkopimda masing- masing se-Jawa Timur.
.
Sementara Bupati Magetan, mengikuti agenda tersebut dengan didampingi jajaran Forkopimda Magetan dan beberapa kepala OPD serta dilaksanakan di Ruang Jamuan Pendapa Surya Graha Kabupaten Magetan.
.
Acara khotmil qur’an bersama 4.000 hafidz/ hafidzah tersebut, juga ada pembacaan murottal juz 30 yang dibaca secara bergantian oleh 17 Bupati & Walikota yang telah ditugaskan serta doa khotmil qur’an oleh KH. R Achmad Azaim Ibrahimy dari Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo. Dilanjutkan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Qori’ Terbaik Remaja MTQ Jawa Timur Tahun 2019, Ustadz Maulana Mahfudz.
.
Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si, dalam sambutanya menyampaikan bahwa pengkhataman Al Qur’an sebanyak kurang lebih 2020 kali adalah sesuai dengan tahun saat ini yang dilakukan oleh 4.000 hafidz/hafidzah selama dua hari (masing-masing 15 kali) dan jajaran Forkopimda, OPD dan Bakorwil Jawa Timur. Dengan harapan berkah dan barokah Al Qur’an bisa menjadikan sarana berdoa untuk meminta agar wabah covid-19 segera di angkat oleh Allah S.W.T. Selain itu Pemerintah Jawa Timur akan memberikan perhatian khusus kepada para hafidz/hafidzah tersebut berupa tunjangan yang akan diterima.
.
Adapun sebagai penceramah tausyiah adalah Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA ( Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta) dengan mengulas tema tentang turunya wahyu pertama Al Qur’an. Rangkaian acara peringatan Nuzulul Qur’an tahun 1441 H secara online ditutup dengan doa dari Habib Umar bin Abdullah Assegaf dari Majlis Maulid Wata’alim Raudhatussalaf Indonesia.
.
(Humpro/Jr/pb1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *